RENCANA PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
MODEL PKR 221
MATA PELAJARAN/TOPIK : 1. MTK
/ PENJUMLAHAN
2. IPA / ALAT PENCERNAAN MANUSIA
KELAS/SEMESTER :
IV DAN V/ II
WAKTU :
2 X 35 MENIT
I. Standar Kompetensi
MTK Kelas 4
1.
Memahami dan menggunakan
sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
IPA Kelas 5
1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
II. Kompetensi Dasar
MTK Kelas 4
1.2 Mengurutkan Bilangan
IPA Kelas 5
1.3
Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan
dan kesehatan
III. Indikator
MTK Kelas 4
-
Mengurutkan dan menyusun 10 bilangan dari yang terkecil atau sebaliknya
IPA Kelas 5
- Menyebutkan alat-alat pencernaan manusia
- Menjelaskan fungsi masing-masing alat
pencernaan manusia
IV. Tujuan Pembelajaran
MTK Kelas 4
-
Siswa dapat mengurutkan dan menyusun 10 bilangan dari yang terkecil
-
Siswa dapat mengurutkan dan menyusun 10 bilangan dariyang terbesar
IPA Kelas 5
- Siswa dapat menyebutkan alat pencernaan
manusia
- Siswa dapat menjelaskan fungsi lambung pada
manusia
V. Materi Pokok
MTK Kelas 4
-
Operasi hitung bilangan
IPA Kelas 5
- Alat pencernaan
manusia
VI. Media dan Sumber
Belajar
Media Belajar
·
Gambar lingkungan rumah
Sumber belajar
·
Buku pedoman MTK Kelas IV dan
IPA kelas V
VII. Metode Pembelajaran
·
Caramah
·
Tugas
·
Tanya jawab
VIII. Kegiatan
Pembelajaran Kelas
Langkah-Langkah
Pembelajaran
|
Kegiatan Guru dan Siswa
|
Waktu (Menit)
|
A. Pendahuluan
|
- Mengisi daftar hadir/absen
- Apersepsi
- Menuliskan materi pokok
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10
|
B. Kegiatan Inti
|
MTK Kelas IV
- Menjelaskan materi pokok pembelajaran
- Menjelaskan bilangan cacah
- Mengurutkan 10 bilangan dari yang terkecil
- Mengurutkan 10 bilangan dari yang terbesar
- Menentukan nilai tempat satuan, puluhan, ratusan,
Ribuan
IPA Kelas V
- Mengamati model/gambar alat pencernaan
manusia
- Diskusi hasil pengamatan
- Tanya jawab tentang fungsi alat pencernaan makanan
manusia dan hubungannya dengan makanan yang dimakan.
- Siswa mengerjakan LKS IPA
|
50
|
C. Penutup
|
- Menyimpulkan materi pokok pembelajaran
- Memberikan penguatan tentang materi pokok
pembelajaran
- Memberikan pekerjaan rumah dan tugas
|
10
|
IX. Evaluasi/Penilaian :
- Tekhnik tes :
Tes tertulis
- Bentuk tes :
Uraian
- KKM :
60
Lembar Soal Matematika Kelas 4
Urutkan dan tentukan nilai tempat bilangan di bawah ini dengan
benar!
No
|
Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
Urutkan dan
susunlah bilangan disamping dari yang terkecil (7, 5, 6, 3, 9, 0, 2, 1, 8,
10)
|
0, 1, 2, 3, 5, 6, 7, 8, 9, 10
|
20
|
2
|
Urutkan dan
susunlah bilangan disamping dari yang terbesar (9, 8, 5, 7, 6, 10, 12, 11,
18, 15)
|
18, 15, 12, 11, 10, 9, 8, 7, 6, 5
|
25
|
3
|
Sebutkan nilai
tempat bilangan disamping dari yang terkecil (4576)
|
4 Ribuan, 5 Ratusan,
6 Satuan, 7 Puluhan
|
25
|
4
|
Sebutkan nilai
tempat bilangan disamping dari yang terbesar (8769)
|
9 Satuan, 8 Ribuan,
7 Ratusan, 6 Puluhan
|
30
|
|
Jumlah
|
|
100
|
Lembar Soal IPA Kelas 5
Urutkan dan tentukan nilai tempat bilangan di bawah ini dengan
benar!
No
|
Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
Sebutkan 3 macam
alat pencernaan manusia!
|
Mulut,
kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, anus
|
15
|
2
|
Jelaskan apa
fungsi alat pencernaan lambung pada manusia?
|
Untuk menampung
makanan dan memproses makanan
|
25
|
3
|
Jelaskan
hubungan alat pencernaan dengan makanan yang dimakan?
|
Makanan yang
kita makan harus yang mudah dicerna oleh alat pencernaan makanan dan makanan
harus bersih
|
25
|
4
|
Apa manfaat
makanan yang berserat?
|
Untuk
melancarkan proses alat pencernaan
|
20
|
5
|
Sebutkan 2
proses pencernaan manusia di dalam mulut?
|
Proses
pencernaan mekanis dan proses pencernaan kimiawi
|
15
|
|
Jumlah
|
|
100
|
Mengetahui
Kepala SDN 2 Banyuasin III,
USMAN BAKAR, S.Pd.SD.
NIP. 196409231990091001
|
Galang Tinggi, April 2014
Mahasiswa
RIDA HASURO
NIM. 821274244
|
makasih ya..............
BalasHapusjg bosan tuk terus berbagi
thanks