SATUAN PEMBELAJARAN TERPADU
Nama : F E R A N I A
NIM : 823762955
Mata Pelajaran : 1. Bahasa Indonesia
2. Matematika
3. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Tema : Hewan
Satuan
Pendidikan : SD Negeri 32 Banyuasin
III
Alokasi Waktu : 1 x 35 Menit
·
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
·
Standar
Kompetensi
a.
Mendengarkan
1. Memahami
teks pendek dan puisi anak yang di lisankan
·
Kompetensi
Dasar
Menyebutkan
kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek
·
Indikator
hasil belajar
Melalui
kegiatan menyimak, siswa mampu menyebutkan kosakata yang terdapat dalam cerita
·
Mata
Pelajaran : Matematika
·
Standar
Kompetensi
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
·
Kempetensi
Dasar
Membilang
bilangan sampai 500
·
Indikator
hasil belajar
Membandingkan
bilangan bahwa kumpulan benda lebih banyak atau lebih sedikit dengan
perkumpulan
·
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
(IPA)
·
Standar
Kompetensi
Mengenal
bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan
serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
·
Kempetensi
Dasar
Mengenal
bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui
pengamatan
·
Indikator
hasil belajar
Membuat
daftar bagian-bagian tugbuh hewan dari hasil pengamatan
·
Tujuan
Pembelajaran
-
Ssiwa mampu menyebutkan kembali
kata-lata yang berasal dari teks dengan benar
-
Ssiwa mampu membedakan kumuplan benda
yang lebih sedikit atau yang lebih banyak
-
Ssiwa mampu menyebutkan bagian-bagian
utama hewan dengan benar melalui kegiatan tanya jawab
·
Materi
Pokok
-
Membaca bacaan : Hewan di sekitar kita
-
Membandingkan bilangan
-
Bagian-bagian utama tubuh hewan
·
Kegiatan
Belajar Mengajar (KBM)
-
Kegiatan
Awal
a. Tanya
jawab dengan murid tentang macam-macam hewan yang mereka ketahui dan di
lihatnya
b. Bersama-sama
bernyanyi potonjg bebek angsa
c. Tanya
jawab tentang hewan di sekitar rumah atau sekolah
-
Kegiatan
Inti
a. Membacakan
teks cerita hewan di sekitar kita dan menjelaskan kosa kata di sertai
bunyi-bunyian sambil melakukan tanya jwab tentang bunyi hewan lain yang mereka
ketahui
b. Melakukan
pertanyaan tentang hewan kesukaan mereka untuk di pelihara di rumah
c. Siswa
menyebutkan bagian utama tubuh hewan tertentu
-
Kegiatan
Akhir
·
Menarik kesimpulan bersama-sama
·
Memberikan tugas
·
Pendekatan
Sumber Media dan Metode
Pendekatan
: Tematik
Sumber
: KTSP untuk SD Kelas
II/Buku Panduan Belajar Tematik
Metode
: Cerita, Latihan,
Tanya Jawab dan Ceramah
·
Evaluasi
-
Prosedur :
Tes Proses dan Tes Akhir
-
Jenis Tes : Tertulis
Soal
1. Hewan
apa saya yang hidup di sekitar rumah mu?
2. Dimana
tempat hidup ikan ?
3. Hewan
apa yang suka mengejar tikus ?
4. Hewan
apa yang berkokok
5. Hewan
apa yang terbang ?
Kunci Jawaban
1.
Ayam, Kambing, Bebek, Sapi, dll
2.
Di air
3.
Kucing
4.
Ayam Jago
5.
Burung
Menyimak
cerita Guru
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria Penilaian
|
Nilai
|
||
6
|
7
|
8
|
|||
|
|
1. Menjawab
pertanyaan yang di ajukan guru
2. Berani
menceritakan kembali
3. Menyebutkan
kembali kosa kata penting dari cerita
|
|
|
|
Saat
Mengerjakan Lembaran Kerja
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria Penilaian
|
Nilai
|
||
6
|
7
|
8
|
|||
|
|
1. Tidak
selesai mengerjakan tugas
2. Selesai
tapi dengan bantuan teman
3. Menyelesaikan
dengan secara mandiri
|
|
|
|
Tutorial
Pembelajaran
Terpadu di SD
JUNAIDI, S.Pd.,MM.
NIP.
196807291989021001
|
Pangkalan
Balai, Oktober 2013
Mahasiswa
F E R A N I A
NIM.
823762955
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar